Pengantar dari Menteri Kesehatan RI

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Saya menyambut baik terbitnya edisi ke empat buku Penuntun Hidup Sehat yang merupakan pengembangan dan adaptasi dari buku Facts For Life edisi ke empat. Buku Facts For Life ini telah dipublikasikan UNICEF sejak tahun 1989, dan pemanfaatannya memberikan dampak positif yang ditunjukan dengan perubahan berbagai indikator global seperti kesehatan, pendidikan, usia harapan hidup, angka kesakitan dan kematian anak dan ibu. Hal tersebut dicapai melalui upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih  dan sehat sehingga dapat meningkatkan daya tahan, pertumbuhan, perkembangan serta perlindungan anak, disamping mempromosikan hak anak dan perempuan.

Pemerintah mempunyai komitmen yang kuat untuk pencapaian Millenium Development Goals (MDGs), termasuk komitmen dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak. Hasil yang dicapai dapat terlihat pada indikator kesehatan anak dan bayi yang menunjukkan kecenderungan membaik dan jika terus membaik, maka pada tahun 2015 nanti target dapat tercapai. Namun upaya penurunan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) terkait target MDGs di tahun 2015 ini tidak bisa hanya dikawal oleh pemerintah saja. Partisipasi kelompok profesional, dunia usaha, dan masyarakat luas juga sangat menentukan keberhasilan pencapaian tersebut.

Pesan buku Penuntun Hidup Sehat ini sejalan dengan amanat tentang hak azasi manusia yang dimuat dalam the Convention on the Rights of the Child and the Convention on the Elimination of All Form of Discrimination Against Women. Penerbitan buku ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah kebiasaan serta perilaku masyarakat agar meningkatkan dan menyelamatkan kehidupan anak. Hal ini diharapkan akan membawa perubahan positif pada tata nilai dan keyakinan sosial tentang kehidupan, pertumbuhan, pembelajaran, perkembangan, perlindungan, perawatan dan dukungan bagi anak. Informasi yang dimuat dalam buku ini seyogyanya disebarluaskan juga kepada keluarga, petugas kesehatan, guru, kelompok remaja, kelompok wanita, petugas pemerintah, swasta, media massa, LSM, dan organisasi keagamaan.

Terima kasih saya sampaikan kepada Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, Perwakilan UNICEF di Indonesia, Perwakilan WHO di Indonesia, jajaran lintas sektor dan lintas program terkait, organisasi profesi, LSM, dan kontributor yang telah menuangkan pemikirannya sehingga buku Facts for Life edisi ke empat ini dapat dikembangkan dan diadaptasi sesuai dengan budaya Indonesia.

Saya berharap buku ini menjadi acuan bagi mereka yang memiliki kepedulian pada keselamatan dan kesejahteraan anak. Semoga berbagai pesan yang terkandung di dalam buku ini bermanfaat bagi para pembacanya.

Wasaalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jakarta, Juni 2010
Menteri Kesehatan RI

dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DR.PH

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s