Pengantar Perwakilan UNICEF di Indonesia

Sejak Facts for Life, atau judul bahasa Indonesianya “Penuntun Hidup Sehat“ diterbitkan lebih dari 20 tahun yang lalu, Indonesia telah mencapai kemajuan yang berarti di bidang pendidikan serta kesehatan ibu dan anak. Tantangan ke depan adalah bagaimana memastikan bahwa Indonesia mencapai Tujuan Pembangunan Milenium dan mencapainya berdasarkan prinsip keadilan, sehingga tidak ada anak, laki-laki maupun perempuan, serta ibu, yang tertinggal. Hal ini membutuhkan peran serta aktif dan komitmen dari semua unsur masyarakat termasuk lembaga swadaya masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi profesi, anggota masyarakat, dan tidak kalah penting, media.

Penuntun Hidup Sehat adalah alat bantu yang berguna untuk mendukung upaya ini. Ini adalah bacaan wajib bagi promotor kesehatan, kader, pemuka agama, pendidik sebaya, guru dan praktisi media. Jika dipraktikan, ia dapat menumbuhkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang berbagai masalah dan tindakan yang dapat meningkatkan derajat kehidupan perempuan dan anak-anak. Edisi keempat ini mencakup berbagai topik dari kesehatan ibu dan bayi baru lahir, gizi, perkembangan anak usia dini, sampai perlindungan anak. Inilah cara memandang anak secara menyeluruh, yang berarti bahwa agar anak-anak bisa mewujudkan potensinya secara optimal, mereka harus diberi perawatan, gizi, perlindungan dan pendidikan yang baik. Ini menuntut kerja sama antara berbagai lembaga pemerintah dan pemangku kepentingan yang lain pada tingkat nasional dan daerah.

Buku ini seyogyanya menjadi dokumen yang hidup, yang pesan-pesannya diperbincangkan dengan masyarakat, dan isinya disebarluaskan ke setiap penjuru, oleh setiap orang dan lembaga yang ingin memperbaiki kehidupan anak Indonesia. Cahayanya harus menerangi mereka yang hidup di tempat terpencil, kaum minoritas, dan kelompok yang paling rentan. Ini adalah Penuntun Hidup bagi semua orang.

Efektifitas suatu alat bantu diukur dari hasil yang dicapainya. Hasil tersebut tergantung kepada yang menggunakannya. Saya berharap bahwa Penuntun Hidup Sehat akan menjadi tindakan dan diadaptasikan secara kreatif dan penuh semangat agar dampaknya maksimal – dengan memperhatikan kepentingan dan prioritas setempat, keragaman budaya dan tradisi di setiap propinsi, kabupaten, kota, masyarakat, desa dan keluarga di Indonesia.

Penuntun Hidup Sehat adalah publikasi global, dikembangkan dengan masukan dari UNAIDS, UNDP, UNESCO, UNFPA, UNICEF, WHO dan Bank Dunia. Versi Indonesia ini terbit berkat dukungan dari Kemenkes yang memimpin proses adaptasinya. Kami menghargai sumbangsih dari Kementerian PP dan PA, Kemensos, BKKN, KPAI, BNPB, Dinkes dari Propinsi Aceh, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Jawa Barat. Terimakasih kami ucapkan bagi peran serta Aisyiah, IBI, IDAI, BKMT, dan PPNI. Inilah wujud kemitraan bagi kehidupan.

Kami berharap Anda dapat memberikan sumbangsih dengan mempraktikan pesan Tuntunan Hidup Sehat ini dalam kehidupan sehari-hari.

Jakarta, Juli 2010
Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia

Angela Kearney

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s